Revitalisasi Tingkatkan Kualitas Lingkungan CitraLand City Samarinda

SAMARINDA – Sebagai pengembang besar, Ciputra Group terus berkomitmen memberikan nilai tambah yang maksimal kepada konsumen, baik dari sisi investasi (kenaikan nilai properti) maupun dari sisi kenyamanan dan keamanan tinggal di setiap proyek real estate yang dikembangkannya, salah satunya diimplementasikan dengan baik di CitraLand City Samarinda, Kalimantan Timur.
Dalam pengelolaan kawasan CitraLand City Samarinda, Estate Management dalam dua tahun belakangan ini telah melakukan program terpadu revitalisasi kawasan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas. Hasilnya, terjadi perubahan sangat signifikan terhadap kenyamanan, kebersihan, dan keindahan lingkungan di CitraLand City Samarinda.
Menurut Meiki Permana, Project Manager CitraLand City Samarinda, program revitalisasi lingkungan dijalankan secara terpadu dan berkesinambungan, dimulai dengan penataan taman-taman di semua cluster dan area publik, pembuatan danau penampungan dan pengendalian banjir, dan penataan area-area publik sehingga dapat dijadikan sebagai sarana rekreasi keluarga.
Meiki mengatakan, pihaknya juga telah membersihkan saluran-saluran air yang tersedimentasi, perawatan dan pengaspalan jalan, perapian dan penambahan marka jalan, dan petunjuk, serta rambu-rambu kawasan. Sementara di lahan yang tidak dikembangkan, Estate Management CitraLand City Samarinda membuat terasering untuk menahan air hujan, agar tidak deras turunnya, juga telah ditambah gorong-rorong untuk besarnya aliran air pada musim hujan. 
“Meski biaya revitalisasi ini tidak kecil, tetapi kami terus menjalankan program revitalisasi ini secara rutin. Kami ingin membuat lingkungan CitraLand City Samarinda yang lebih baik. Dan kami bersyukur usaha ini mendapatkan banyak apresisasi warga, karena memang ada perubahan-perubahan positif yang dirasakan warga, terutama dari segi kebersihan, kenyamanan dan keindahan kawasan yang makin baik,” jelas Meiki.

Sekolah Citra Kasih

Untuk memenuhi kebutuhan sarana pendidikan yang memadai, pada tanggal 31 Oktober 2016 silam, telah dilaksanakan pelatakan batu pertama pembangunan gedung baru Sekolah Citra Kasih (SCK) CitraLand City Samarinda, untuk tahap awal jenjang KB/TK hingga SD, yang disaksikan siswa-siswi dan para orang tua. Ditargetkan tahun pelajaran 2017-2018 (Bulan Juli 2017) sudah dimulai pemakaian fasilitas gedung baru ini.
SCK merupakan salah satu fasilitas penting bagi keluarga-keluarga yang tinggal di CitraLand City Samarinda, yang sampai saat ini telah terbangun sebanyak 12 cluster perumahan, sekitar 852 unit rumah dan ruko dengan jumlah penghuni berkisar 368 KK di atas lahan seluas 100 hektar. 
Sekolah Citra Kasih didirikan oleh Pak Ciputra dengan satu misi adalah menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan holistik dengan keunikan Entrepreneurship bagi generasi muda di Indonesia.

Tren membaik

Menurut Meiki, makin meningkatnya kualitas lingkungan dan pembangunan gedung terpadu SCK memberikan dampak positif langsung terhadap penjualan rumah dan ruko di CitraLand City Samarinda. Banyak masyarakat yang tertarik menjadi bagian dari perumahan eksklusif ini, sejalan dengan meningkatnya daya beli masyarakat Kota Samarinda.
“Dengan harapan kembali pulihnya harga komoditas batu bara di pasaran dunia, ke depan kami optimis perekomomian masyarakat Samarinda, Kalimatan Timur pada khususnya makin membaik. Indikasinya sebenarnya sudah terasa di beberapa bulan terakhir ini. Harga Batubara Acuan mengalami kenaikan 30% sejak Juli sampai Oktober 2016 dan merupakan Harga tertinggi sejak tahun 2016,” ujar Meiki.
Menghadapi naiknya permintaan rumah dan tempat usaha, kata Meiki, CitraLand meluncurkan produk baru di bulan Nopember ini, yang merupakan pengembangan dari Cluster The Genova. Dengan Luas Tanah 108, harga perdana dibandrol mulai dari Rp. 1,2 miliar. Lokasi cluster The Genova ini tepat berada di seberang gedung baru SCK yang sedang dibangun.
“Selain itu, kami juga menawarkan program ready stock untuk Ruko Plaza Avenida, Ruko Golden Boulevard, beberapa rumah di Cluster 10 dan Cluster 11. Jadi begitu beli, rukonya bisa langsung dipakai usaha, dan rumah bisa langsung ditinggali.” tandasnya. 
Optimisme Meiki ini juga mendukung oleh rencana diresmikannya Bandara Samarinda Baru oleh Gubernur Kalimantan Timur pada tahun 2017, dimana lokasi bandara baru itu relatif sangat dekat dengan lokasi CitraLand City Samarinda, dapat ditempuh hanya sekitar 20 menit.
“Jika Bandara Samarinda Baru telah beroperasi, maka lokasi CitraLand City Samarinda akan semakin strategis. Karena penerbangan dari Pulau Jawa dan Sumatera bisa langsung ke Samarinda, dan itu akan melintasi proyek kami. Dampak positifnya akan menaikan nilai investasi rumah dan ruko secara signifikan di CitraLand City Samarinda,” kata Meiki. *